Awal Februari Ceria Kah ?

1:09 PM | February 1, 2016 BERITA No Comments

Danpac Sekuritas Weekly Research
Senin, 1 Februari 2016

Likuiditas dalam pasar modal berfungsi sama halnya dengan darah dalam sistem tubuh manusia. Jika tanpa darah adalah mustahil kita manusia untuk dapat hidup maka demikian pula halnya dengan sistem ekonomi dunia yang tidak mungkin berkembang dan berjalan tanpa adanya likuiditas. Dalam buku pelajaran dari mata kuliah ekonomi makro di semester pertama kuliah ekonomi seluruh dunia kita akan mendapatkan dengan sangat mudah salah satu hal yang paling mendasar dari gerakan likuiditas di muka bumi ini, dan itu adalah suku bunga. Secara teori suku bunga (Interest Rate) adalah instrumen yang paling cepat mempengaruhi sisi likuiditas dalam sistem ekonomi. Idenya cukup sederhana, uang cenderung akan bergeser untuk mencari imbal hasil yang sebesar mungkin dengan resiko paling kecil. Jika kemudian uang dihadapkan pada suku bunga negatif maka hal menarik akan terjadi dan inilah yang sedang kita alami pada negara Jepang dengan penerapan suku bunga negatif oleh Bank Sentra Jepang.

IHSG

IHSG sepekan lalu menguat 158 point membentuk candle dengan body naik panjang dengan shadow pendek, mengindikasikan kekuatan naik. Pada Candle harian IHSG menguat 12 point membentuk candle dengan body kecil dan shadow di bawah panjang, mengindikasikan perlawanan atas tekanan turun. Volume relative besar di atas rata-rata 20 hari terakhir. IHSG telah bergerak dalam trend turun jangka panjang sejak 31 Maret 2015, harga mendekati channel atas, berpeluang konsolidasi. Dalam jangka menegah IHSG dalam trend naik sejak 29 September 2015, harga mendekati channel atas berpeluang konsolidasi melemah. Sedangkan jangka pendek membentuk tren naik sejak tanggal 21 Januari 2016. Harga di channel bawah, berpeluang konsolidasi menguat dalam beberapa hari kedepan. Penguatan mulia terbatas.

USD / IDR (Rupiah)

USDIDR selama sepekan kemarin melemah 75 poin dengan membentuk candle dengan body turun kecil dan shadow di atas, mengindikasikan tekanan atas penguatan. Candle harian USDIDR melemah 100 point membentuk candle dengan body turun dan shadow diatas lebih panjang, mengindikasikan tekanan atas penguatan. USDIDR dalam pola trend naik di jangka panjang ditunjukan trend channel sejak 14 Maret 2014. Harga mendekati channel bawah, masih berpeluang konsolidasi menguat. Jangka menegah juga naik sejak 9 Oktober 2015 dimana harga mendekati channel bawah masih berpeluang konsolidasi menguat. Sedangkan jangka pendek dalam trend turn sejak 7 Januari 2016, harga test channel bawah, berpeluang kondolidasi menguat.

For more weekly research details please download here