Aturan baru OJK tak akan keringkan likuiditas perbankan, BBCA niat salurkan KUR Rp2 T via BPR, Harry Tanoe diat jual saham Indovision

10:34 AM | February 1, 2016 BERITA No Comments

* Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menilai Peraturan Menteri Perdagangan No. 127/2015 tentang Importasi Barang Modal Tidak baru akan positif terhadap industri. Hal itu karena dapat menumbuhkan jumlah pelaku pada peralatan dan komponen tekstil lokal. (Kontan)

* Aturan kepemilikan surat berharga negara (SBN) yang akan terbit diprediksi tidak akan mengeringkan likuiditas perbankan. Aturan itu bertujuan meningkatkan kepemilikan domestik SBN. OJK memprediksi perbankan dapat menyerap Rp57,87 triliun SBN tahun ini, dan akan naik bertahap hingga Rp286,2 triliun pada 2020. (Jakarta Post)

* PT Adaro Energy Tbk (ADRO, Rp525, NEUTRAL, TP Rp700) menargetkan kenaikan produksi batu bara FY16 sebesar 5% mnenjadi 52 juta-54 juta. Produksi batu bara FY15 dibukukan 51,46 juta ton (-8% YoY). (Rilis perusahaan)

* BMRI menyediakan kredit kepada PT Kalbe Farma Tbk (KLBF, Rp1.355, NEUTRAL, TP Rp1.500) senilai Rp1 triliun guna membantu arus kas dalam memproduksi obat dan produk kesehatan. (Investor Daily)

* BBCA berniat mendistribusikan KUR senilai Rp2 triliun melalui channeling dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). (Kontan)

* BBRI menargetkan dapat berekspansi di Timor Leste sebelum 2016 dan menyiapkan dana ekspansi Rp30 miliar. (Bisnis Indonesia)

* Hary Tanoe berencana mengakuisisi bank yang sahamnya tercatat di bursa sebelum Juni 2016, melalui PT MNC Kapital Tbk (BCAP, Rp1.600). Rencana itu merupakan bagian dari rencana investasi MNCN senilai total US$500 juta tahun ini. (Investor Daily)

* Grup MNC akan menggelontorkan US$500 juta untuk ekspansi organik dan nonorganik. Dari total kebutuhan dana US$500 juta, grup sudah menyiapkan bagian dananya sedangkan sisanya akan diambil dari penawaran umum terbatas. (Bisnis Indonesia)

* MNC Group berencana menjual 10%-20% saham pada induk Indovision, yaitu Sky Vision Network (SVN) untuk investor asing pada 1H16. (Jakarta Post)

* Pabrik rayon PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL, Rp267, BUY, TP Rp375) di Sukoharjo (Jateng) akan mulai beroperasi pada pertengahan-2016. (Kontan)

* PT Waskita Karya Tbk (WSKT, Rp1.750, BUY, TP Rp1.900) menargetkan laba bersih naik dua kali lipat tahun ini menjadi Rp2 triliun, dari realisasi tahun lalu Rp1,04 triliun. (Investor Daily)

* OJK akan memutuskan wacana perubahan fraksi saham pada semester I/2016, baik disetujui maupun ditolak usulannya. (Investor Daily)

* Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi 2015 sebesar 4,8%. Angka itu sedikit lebih tinggi di atas prediksi Kementerian Keuangan 4,74%. (Investor Daily)

* Bank besar bersiap menurunkan suku bunga pada Februari dengan penurunan berkisar 25bps-50bps. BTN menurunkan bunga KPR sebesar 50%, BNI menurunkan bunga deposito 25bps, MNC Bank menurunkan bunga simpanan dana 25bps-50bps. (Investor Daily)

* Kementerian UMN menyiapkan pembentukan 15 holding BUMN. Ke-15-nya adalah BUMN pariwisata, logistik, pangan, perkenunan, pupuk, farmasi, pelabuhan, konstruksi dan infrastruktur, konektivitas, tambang, pertahanan strategis, reasuransi, industri berat, asuransi umum, dan perbankan-jasa survei. Jumlah perusahaan juga akan diciutkan dari 119 entitas menjadi 85 entitas usaha. (Bisnis Indonesia)

* Toyota Motor Corp (TMC) akan menghentikan aktivitas produksi awal bulan depan menyusul ledakan pada pabrik baja Aichi pada 8 Januari. Produk PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang masih diimpor, baik dari Thailand maupun Jepang, adalah Camry, Altis, Alphard, Lexus, Hiace, dan Hilux. (Bisnis Indonesia)

* Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan pernyataan efektif atas rencana penawaran umum terbatas PT Equtiy Development Investment Tbk (GSMF, Rp101) GSMF akan menggelar right issue dengan target dan Rp269,48 miliar. Emiten investasi tersebut akan menerbitkan maksimal 2,45 miliar saham seri C baru dengan nominal Rp100 per saham di harga penawaran Rp110. (Bisnis Indonesia)

* PT Asabri tengah mengkaji untuk menambah pemilikan saham di emiten yang kini sepenunya berbisnis properti, PT Hanson International Tbk(MYRX, Rp670). Saat ini sebanyak 75% dari total peserta Asabri belum memiliki rumah tinggal. Jumlah peserta saat ini mencapai 1,15 juta, terdiri dari 850.000 prajurit TNI/Polri aktif dan sisanya pensiunan. (Bisnis Indonesia)

* OJK menyebut aturan terkait dengan instrumen dana investasi real estate (DIRE) akan terbit pekan ini. Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad mengatakan pajak keuntungan atas pengalihan aset real estate atau capital gain tax DIRE akan diturunkan dari 25% menjadi hanya 1%. (Bisnis Indonesia)