Pekan akhir Januari, IHSG naik 3,55%

5:32 AM | February 1, 2016 BERITA, PRESS RELEASE No Comments

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan di sepanjang periode 25 hingga 29 Januari 2016 mengalami penguatan 3,55% ke posisi 4.615,163 poin jika dibandingkan penutupan di pekan sebelumnya yang berada di level 4,456.744 poin. Pada perdagangan hari terakhir di pekan ini, IHSG berhasil ditutup menguat 0,27%.

Selama pekan keempat di Januari 2016, investor asing mencatatkan beli bersih di pasar saham dengan nilai Rp1,58 triliun. Secara tahunan, aliran dana investor asing di pasar saham masih tercatat jual bersih dengan nilai Rp2,32 triliun.

Rata-rata nilai transaksi harian di Bursa Efek Indonesia (BEI) pekan ini mengalami kenaikan 24,97% menjadi Rp5,56 triliun dari Rp4,45 triliun di akhir pekan lalu. Rata-rata volume transaksi harian mengalami kenaikan 30,35% dan rata-rata frekuensi harian kenaikan 11,38%.

Serangkaian program edukasi dan sosialisasi pasar modal kepada masyarakat dan calon emiten dilakukan oleh BEI di sepanjang pekan ini. seperti pada Senin (25/1) yakni program edukasi pasar modal kepada Anggota Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Jambi yang dilalukan oleh Kantor Perwakilan BEI (KP-BEI) Jambi bekerjasama dengan PT Phillip Securities Cabang Jambi yang menyelenggarakan pelatihan dan edukasi pasar modal untuk Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Jambi yang berada di bawah naungan Galeri Investasi BEI – Universitas Jambi.

Di hari yang sama, KP BEI Surabaya memberikan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada para mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Lalu pada Selasa (26/1) KP-BEI Jambi mengadakan kegiatan edukasi publik bersama HIMAJA (Himpunan Mahasiswa Jambi) Universitas Indonesia.

Pada Rabu, (27/1), KP-BEI Jambi mengadakan kegiatan edukasi publik bersama Para Karyawan Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) Cabang Jambi. Di hari yang sama, KP-BEI Surabaya memberikan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada para mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan.

Masih di tanggal yang sama, BEI juga mengadakan Sosialisasi Penawaran Umum Perdana Saham kepada Jajaran Pejabat Struktural Bank Sumsel Babel. Sedangkan pada Kamis, (28/1), KP-BEI Surabaya memberikan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal kepada para pengusaha di Banyuwangi.