Weekly Investment Climate 15 Januari 2016

5:54 AM | January 18, 2016 Macro View No Comments

HP Analytics

Henan Putihrai 15 Jan 2016

Outflow Dana Jangka Panjang Reksa Dana AS Diestimasi Turun

Dana jangka panjang reksa dana AS per 6 Januari 2016 diestimasi membukukan outflow sebesar USD4,48 miliar, turun dibanding outflow pekan sebelumnya USD12,48 miliar. Penurunan outflow tersebut didorong oleh turunnya outflow dana di pasar ekuitas dari USD6,12 miliar menjadi USD2,41 miliar serta inflow dana di pasar obligasi sebesar USD67 juta dari outflow USD4,61 miliar pada pekan sebelumnya.

Klaim Pengangguran AS Meningkat

Rata-rata klaim pengangguran AS untuk periode 3 Januari hingga 9 Januari meningkat sebanyak 3.000 menjadi 278.750, menyentuh level tertinggi sejak Juli. Klaim pengangguran biasanya cukup volatile sejak Thanksgiving hingga akhir Januari.

US Initial Claims

Source: research.stlouisfed.org, HP

Defisit Anggaran AS Terendah Sejak 2007

Defisit anggaran AS 2015 menyentuh level terendah sejak 2007, mencatat penurunan tahunan enam kali berturut-turut. Defisit anggaran AS untuk tahun kalender 2015 sebesar USD 478 miliar atau sekitar 2,6% GDP, turun dari level tahun sebelumnya USD 488 miliar atau 2,8% GDP.

Ekonomi Jerman Tumbuh 1,7% Pada 2015

Ekonomi Jerman mencatat ekspansi 1,7% yoy pada 2015, meningkat dari 1,6% pada 2014. Hasil ini sesuai dengan estimasi pemerintah Jerman dan Bundesbank. Konsumsi rumah tangga tumbuh 1,9% sementara belanja negara tumbuh 2,8% yoy.

Produksi Industri Eurozone Turun 0,7% pada November

Produksi industri Eurozone pada November turun 0,7% mom, setelah mencatat pertumbuhan 0,8% pada bulan sebelumnya. Penurunan pada November 2015 tersebut dipicu oleh penurunan produksi energi 4,3%, barang modal 1,9% dan barang konsumen tahan lama 1,0%.

Eurozone Industrial Production

Source: Eurostat

CAD Perancis Meningkat pada November

Current account deficit (CAD) Perancis pada November mencapai EUR 1,4 miliar (USD 1,5 miliar), meningkat dari EUR 1 miliar pada Oktober. Penurunan surplus jasa dari EUR 1,3 miliar menjadi EUR 0,8 miliar menjadi penyebab utama peningkatan defisit Perancis.

CPI Perancis Tumbuh 0,2%

Consumer price index (CPI) Perancis bulan Desember tumbuh 0,2% mom dan 0,2% yoy. Pertumbuhan tersebut ditopang oleh peningkatan musiman pada harga jasa.

Produksi Industri U.K. Turun 0,7%

Produksi industri U.K. untuk bulan November turun 0,7% mom, dipicu oleh penurunan di sektor manufaktur dan ekstraksi gas di Laut Utara.

BOE Pertahankan Suku Bunga Rendah

Bank of England (BOE) dalam pertemuan Kamis (14/1) memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga rendah di level 0,5%. Pejabat BOE menyatakan bahwa pertumbuhan pada bulan-bulan mendatang berpotensi melemah dibanding prediksi sebelumnya dan inflasi tampaknya masih di level rendah dalam waktu yang lebih lama.

Ekspor China Desember Turun 1,4%, Impor Turun 7,6%

Ekspor China pada bulan Desember dilaporkan turun 1,4% yoy (dalam USD), namun masih lebih baik dibanding penurunan 6,8% pada November. Sementara impor turun 7,6%, lebih kecil dibanding penurunan 8,7% pada bulan November sehingga mendorong surplus perdagangan China menjadi USD 60,09 miliar pada Desember.

China Export Import Growth

Source: NBS China, HP

Impor Minyak China Meningkat 9,3% pada Desember

Impor minyak mentah China melonjak pada bulan Desember, menunjukkan keinginan kuat China untuk terus mengisi cadangan strategis minyak bumi dan memanfaatkan murahnya harga minyak. China mengimpor 33,19 juta ton minyak pada Desember, meningkat 9,3% dibanding tahun sebelumnya. Pada November, China mengimpor 27,3 juta ton minyak.

Bank of Korea Pangkas Proyeksi Pertumbuhan dan Inflasi

Bank of Korea (BOK) menurunkan proyeksi GDP 2016 menjadi 3% dari estimasi sebelumnya 3,2%, serta CPI menjadi 1,4% dari estimasi sebelumnya 1,7%. Penurunan tersebut dilakukan seiring ketidakstabilan China yang mempengaruhi pasar keuangan global. Selain itu, BOK juga mempertahankan seven-day repurchase rate pada level 1,5% untuk tujuh bulan berturut-turut.

Jepang Bukukan Current Account Surplus pada November

Jepang membukukan current account surplus untuk tujuh bulan berturut-turut, yaitu sebesar JPY 1,14 triliun (USD 9,7 miliar) pada November, meningkat dari JPY 440,2 miliar pada tahun sebelumnya. Hasil tersebut lebih baik dibanding estimasi konsensus yaitu surplus JPY 895 miliar.

Moody’s Turunkan Peringkat Kredit Malaysia

Moody’s Investors Service menurunkan prospek peringkat kredit untuk Malaysia menjadi stabil dari sebelumnya positif. Penurunan tersebut seiring dengan kondisi eksternal yang menekan pendapatan pemerintah meskipun PM Malaysia berupaya untuk meningkatkan keuangan negara.

Selama pekan ini (11 – 14 Januari 2016) di Indonesia, pihak asing mencatat posisi net sell saham sekitar Rp 1,10 triliun. Sementara kepemilikan asing di SBN hingga 13 Januari 2016 sebesar Rp 559,47 triliun, meningkat dibanding akhir Desember yang sebesar Rp 558.52 triliun.

Sektor Pertambangan dan Konsumsi pekan ini masih berada pada Improving Quadrant. Sementara Sektor Properti dan Pertanian pekan ini masih menempati Leading Quadrant dengan tren melemah, disusul sektor Keuangan dengan tren menguat. Sektor Infrastruktur tetap berada di Weakening Quadrant bersama dengan sektor Perdagangan. Sektor Aneka Industri berada pada Lagging Quadrant bersama dengan Industri Dasar.

Saham-saham yang bertindak sebagai leading movers dalam pergerakan IHSG pekan ini antara lain adalah BBRI, KLBF, BMRI, EMTK, LPPF dan EXCL. Sedangkan lagging movers ASII, HMSP, SCMA, UNVR, MIKA dan INTP.

Economic Report Due Next Week:

Source: Bloomberg

Corporate Action and Other Economic Report Due Next Week:

Source: KSEI, IDX and Others