Kinerja CTRA sesuai eksektasi pasar

9:58 AM | January 14, 2016 Fundamental Tags: No Comments

Liliana S Bambang/Riset Mandiri Sekuritas

PT Ciputra Development Tbk: Inline marketing sales target achievement (CTRA, Rp1.460, Neutral, TP Rp1.300/CTRS, Rp2.180, Buy, TP Rp3.600).

In-line marketing sales for FY15F. Pendapatan prapenjualan (marketing sales) CTRA dibukukan Rp9,2 triliun, berporsi 97% dari target FY15F Rp9,5 triliun. Kinerja itu tumbuh 6% YoY. Citra Raya Tangerang dan Jonggol di bawah target, sedangkan Citra Garden City di atas target.

CTRS berkinerja sangat baik, dengan marketing sales Rp4,2 triliun, tumbuh 130% YoY karena penjualan yang lebih baik daripada prediksi proyeknya di Surabaya dan reklamasi lahan di Makassar. Marketing sales CTRP di bawah ekspektasi yaitu Rp1 triliun vs. target setahun Rp1,3 triliun yang disebabkan kinerja Ciputra World dan Ciputra International (proyek mixed-use di Puri, Jakarta Barat).

Some projects are delayed in FY15. Beberapa proyek ditunda pada FY15, seperti Citraplaza Kemayoran dan proyek mixed-use di Fatmawati. CTRA juga menunda peluncuran beberapa proyek di luar Jakarta. CTRA masih mendiskusikan target marketing sales FY16F, tetapi mereka menyatakan masih tetap hati-hati terhadap prospek proyek high-rise di Jakarta.

Investors might continue to prefer big caps. Kami lebih memilih CTRS karena memiliki fundamental yang lebih solid, tetapi sahamnya masih underperformed pada FY15F karena rendahnya likuiditas saham.

Saat ini CTRS ditransaksikan pada valuasi yang atraktif yaitu 73% terdiskon terhadap nilai aset bersih (NAV) dan valuasi rasio harga saham per laba (PE ratio) FY16F sebesar 8,8x. Kami menilai ada potensi risiko pada FY16F di mana investor lebih memilih saham berkapitalisasi pasar yang lebih besar di tengah volatilitas pasar.

Saat ini saham CTRA memiliki valuasi 35% terdiskon terhadap NAV dan PE ratio FY16F sebesar 14,2x.