Bank Panin Syariah, bersinar dalam kegelapan ~ Pefindo

5:41 AM | January 8, 2016 Fundamental, Syariah Tags: No Comments

Didirikan pada tahun 2009, PNBS adalah bank yang beroperasi penuh secara syariah. Pada awal 2014, PNBS menawarkan sahamnya kepada publik (IPO) dan menjadi satu-satunya bank syariah yang terdaftar di BEI. Memperoleh Rp475 miliar dari IPO, PNBS langsung memperluas usahanya.

Total aset kini telah berkembang menjadi Rp6,7 triliun dari hanya Rp1,0 triliun pada tahun 2011. PNBS sekarang beroperasi dengan 13 kantor cabang, berlokasi strategis di kota Bogor, Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Sidoarjo, dan Makassar. PNBS juga mendapatkan
dukungan dari induknya, PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN), melalui penawaran produk dan jasa PNBS di cabang PNBN.

PNBS saat ini menawarkan empat jenis pembiayaan: murabahah (kontrak pembelian barang), mudharabah (pembiayaan bank bagi pelanggan untuk mengelola dana), musyarakah (kontrak kemitraan dengan implikasi berbagi laba/rugi), dan qardh (pembiayaan tanpa bunga).

Pembiayaan musyarakah merupakan porsi terbesar dalam portofolio pembiayaan bank, lebih dari 70%, diikuti oleh pembiayaan mudharabah (18%) dan pembiayaan murabahah (10%), sedangkan porsi pembiayaan qardh masih tidak signifikan.

Release Date 7 Januari 2016