Akhir Tahun 2015….~ Danpac Sekuritas Weekly Research

6:27 AM | December 29, 2015 Fundamental, Teknikal Tags: No Comments

Dalam teori investasi sederhana dikemukakan sebuah dalil bahwa di masa kenaikan suku bunga biasanya likuiditas cenderung lebih ketat dibandingkan dengan di masa penurunan suku bunga. Hal tersebut memang benar hanya apabila sumber dari uang hanya berasal dari bank sentral sebagaimana yang terjadi di era abad ke 16 lalu, periode ketika pertama kali bank sentral diterapkan oleh sebuah negara. Namun kini kondisi yang ada sangat-sangat berbeda. Uang dapat timbul dan muncul bukan saja dari bank sentral tetapi dari teknologi, kreatifitas, dan bank umum lainnya dalam bentuk uang giral. Uang giral ini berputar lebih cepat dan lebih kencang daripada uang kartal dalam bentuk kertas maupun koin yang sehari-hari hadir di dompet kita sekalian. Dengan fakta terkini seperti ulasan diatas maka perlu menjadi pemikiran kita benarkan periode kenaikan suku bunga 100% adalah masa pengetatan? Sebagaimana kebiasaan kami di setiap akhir tahun maka dalam catatan mingguan kami terakhir di tahun 2015 ini kami juga akan memberikan sekilas outlook kami untuk tahun 2016 dikaitkan dengan potensi dan resiko

IHSG

IHSG sepekan lalu menguat 54 point membentuk candle dengan body naik tanpa shadow, mengindikasikan kekuatan naik. Pada Candle harian IHSG menguat 5 point membentuk candle dengan body naik kecil dan shadow di bawah, mengindikasikan konsolidasi. Volume kecil di bawah rata-rata 20 hari terakhir. IHSG telah bergerak naik dalam trend naik jangka panjang sejak Oktober 2008, Harga masih bergerak di luar channel naik membuka peluang perubahan tren naik jangka panjang menjadi turun. Jangka menegah dalam trend turun sejak 31Maret 2015, harga naik mendekati channel atas berpeluang melanjutkan penguatan. Sedangkan jangka pendek membentuk tren turun sejak tanggal 26 Oktober 2015. Harga mendekati channel atas, berpeluang menguat terbatas di jangka pendek.

USD / IDR (Rupiah)

USDIDR selama sepekan kemarin sesuai prediksi kami berhasil melemah 275 poin dengan membentuk candle dengan body turun dan shadow diatas dan bawah, mengindikasikan tekanan turun. Candle harian USDIDR melemah 30 point membentuk candle dengan body naik, mengindikasikan konsolidasi. USDIDR dalam pola trend naik di jangka panjang ditunjukan trend channel sejak 1 Agustus 2011. Harga melemah dari channel tengah berpeluang konsolidasi melemah. Jangka menegah juga naik sejak 14 Maret 2014 dimana harga melemah ke channel bawah masih berpeluang konsolidasi melemah. Sedangkan jangka pendek turun sejak 14 Desember 2015, harga konsolidasi dari channel bawah berpeluang kondolidasi.