Kejagung Sidik Dugaan Korupsi di Perusahaan Milik Hary Tanoe ~ CNN Indonesia

11:26 AM | December 27, 2015 BERITA No Comments

Kejaksaan Agung sedang memulai proses penyidikan perkara dugaan korupsi pada pengajuan restitusi (ganti kerugian) dari PT. Mobile 8 kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Perusahaan Masuk Bursa Jakarta pada 2009 silam.

Dugaan korupsi muncul setelah penyidik Kejagung menemukan adanya transaksi palsu antara PT. Mobile 8 dan PT. Jaya Nusantara pada periode 2007-2009, yang menjadi dasar diajukannya permohonan restitusi oleh perusahaan telekomunikasi tersebut.

Pada kurun waktu tersebut, PT. Mobile 8 diduga memalsukan bukti transaksi dengan PT. Jaya Nusantara senilai Rp80 miliar. Perusahaan itu membuat bukti palsu untuk memuluskan langkah dalam mengajukan restitusi dan dapat masuk dalam transaksi bursa efem di Jakarta.

"PT. Jaya Nusantara sebenarnya tidak mampu untuk membeli barang dan jasa telekomunikasi milik PT. Mobile 8. Transaksi pun direkayasa, seolah-olah terjadi perdagangan dengan membuatkan invoice sebagai fakturnya," ujar ketua tim penyidik perkara tersebut, Ali Nurudin, di Kejagung, Jakarta, Rabu (21/10).