Summarecon Agung: Let Off Some Steam (SMRA; Rp1,475; Neutral; TP:Rp1,600) ~ Mandiri Sekuritas

9:35 AM | December 14, 2015 BERITA, Fundamental Tags: No Comments

Liliana S Bambang
Riset Mandiri Sekuritas

Kami memprediksi laba FY16F perusahaan turun, dikarenakan gearing yang lebih tinggi. Kami juga berpikir pra penjualan sedikit lebih rendah dari target FY15 yang telah direvisi. Saat ini, SMRA diperdagangkan pada FY16F P / E dari 19x. Valuasi menjadi mahal, dan kami menurunkan rekomendasi SMRA menjadi NEUTRAL.

Pra penjualan SMRA cenderung turun untuk tahun ini. Kami memperkirakan SMRA untuk menutup tahun ini dengan pra penjualan Rp4,2 triliun, 7% di bawah perkiraan revisi Rp4,5 triliun. Untuk tahun depan, perusahaan menargetkan pra penjualan Rp4,5 triliun, dengan fokus pada launching produk di Bandung dan Makassar. Rencana perusahaan untuk meluncurkan produk di Makassar pada 3Q15, dengan ASP Rp6 juta per meter persegi.

Pada 9M15, perusahaan memiliki net gearing 73% dan utang bersih Rp4,3 tirliun. SMRA mencari tambahan pinjaman Rp1,5 triliun di 4Q15 (Rp1 triliun pinjaman dan Rp500 miliar dari penerbitan obligasi). Untuk meningkatkan arus kas, perusahaan sedang mempertimbangkan menjual lebih banyak lahan komersial di FY16F. Kami melihat ini sebagai langkah positif. SMRA juga berencana untuk mengurangi belanja landbank di FY16F, dari Rp1 triliun ke Rp300 miliar.

Kami meningkatkan diskon perusahaan untuk NAV dari 50% menjadi 60%. Oleh karena itu, kami merevisi turun TP dari Rp2.000 ke Rp1.600 karena potensi kekecewaan pada pendapatan. Sisi positif SMRA adalah pada peningkatan marjin perusahaan jika mampu menjual tanah komersial lebih banyak dari ekspektasi. Sementara downside key adalah jika opex tambahan pada pembukaan proyek-proyek baru yang lebih tinggi dari apa yang kami perkirakan.