Upbeat Vs Downbeat pasar obligasi 2015

6:57 AM | March 9, 2015 Fundamental, Obligasi No Comments

Kendali masa depan pasar obligasi Indonesia tak hanya digengam oleh fundamental Ekonomi Indonesia. Faktor ekonomi global memiliki peran sentral karena investor asing adalah pemilik terbesar obligasi negara di pasar, setara 40%, dan perbankan menyusul dibelakangnya dikisaran 29%. Berikut faktor-faktor negatif dan positif yang dapat memengaruhi outlook pasar obligasi bulan ini dan ke depan.

UPBEAT

  1. • Ruang fiskal besar dan risiko berkuran setelah subsidi premium Ron-88 dicabut, dan harga dilepas ke pasar. Volatilitas minyak dunia tidak akan berpengaruh.
  2. Komitmen pembangunan infrastruktur terbukti dengan alokasi anggaran infrastruktur 2015 tertinggi sepanjang sejarah; Rp290,3 triliun.
  3. Inflasi rendah dengan perkiraan resmi Bank Indonesia dikisaran 3% tahun ini. Memicu penurunan biaya kredit yang mampu melecut perburuan obligasi.
  4. Limpahan likuditas dari stimulus ekonomi Bank Central Eropa dan Bank of Japan.
  5. Kelangkaan pasokan baru surat utang karena stategi penerbitan di awal tahun atau front loading , proporsinya mencapai 57% dari total penerbitan 451.8 trliun rupiah.

DOWNBEAT

  1. Kenaikan suku bunga acuan di Amerika Serikat. Bisa memicu capital outflow di pasar obligasi.
  2. Pelemahan rupiah di atas Rp13.500 per dollar yang akan memicu sell-off oleh investor asing karena merugi kurs.
  3. Kisruh berkepanjangan antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepolisian RI yang menurunkan kredibilitas komitmen pemerintah memberantas korupsi
  4. Penurunan suku bunga acuan di sejumlah negara, seperti India, Filipina, Malaysia yang bisa memicu peralihan dana asing di pasar obligasi ke sana.
  5. Penundaan atau penurunan rating Indonesia oleh pemeringkat Indonesia, khususnya Standard & Poor’s
  6. Pelaksanaan proyek-proyek infrastruktur tidak sesuai dengan jadwal dan janji Presiden Jokowi
  7. Hubungan memanas antara Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih.

Tren imbal hasil obligasi tenor 10-tahun FR0070

FR0070

Terus melandai, kenaikan pada grafis diakibatkan oleh faktor ekstrenal; pernyataan bank sentral Amerika Serikat soal kenaikan  suku bunga acuannya. (sumber: investing.com)